Saturday, May 30, 2015

Cara Membuat Jaringan Ad-Hoc (Ad-Hoc Network) Untuk Jaringan LAN

Hai visiters :D

Tahukah anda bahwa anda dapat bermain game secara LAN dengan memanfaatkan Ad-Hoc Network yang dapat kita buat sendiri tanpa harus terhubung dengan jaringan internet?

Perlu anda ketahui bahwa anda tidak perlu terhubung ke dalam jaringan internet ataupun memasang kabel UTP untuk tergabung ke dalam suatu jaringan LAN. Pada dasarnya, komputer dengan sistem operasi Windows 7 dapat membuat sebuah access point yang dapat digunakan sebagai wadah berkumpulnya komputer2 yang akan saling bertukar data. Access point ...
yang dibuat tidak harus menggunakan jaringan internet, sehingga lebih mudah dan fleksibel untuk digunakan di segala kondisi.

Langkah-langkah membuat Ad-Hoc Network di sistem operasi Windows 7 :
  1. Buka Menu Control Panel
  2. Buka Menu Network and Internet
  3. Buka Menu Network and Sharing Center
  4. Pilih Set Up a New Connection or Network pada kotak dialog yang muncul
  5. Pada kotak dialog , pilih Set Up A Wireless Ad-Hoc Network, Klik Next
  6. Tuliskan nama dari access point yang akan dibuat
  7. Tentukan jenis keamanan dari access point. Tingkatan keamanan di sini tidak terlalu penting, intinya hanyalah apakah anda ingin menggunakan password atau tidak.
  8. Jika anda menggunakan password, maka masukkan kata sandi yang mudah untuk anda ingat
  9. Klik next dan selesai
Perlu diingat bahwa Ad-Hoc Network yang telah dibuat tidak akan bias terlihat oleh orang lain apabila komputer host atau komputer pembuat Ad-Hoc Network belum terhubung ke dalam Ad-Hoc Network tersebut. Untuk dapat saling bertukar data selayaknya menggunakan kabel UTP, ada pengaturan khusus yang terletak pada menu Change Advanced Sharing Settings. Pada menu tersebut, anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat keamanan yang diinginkan dalam proses sharing data.

No comments:

Post a Comment