Thursday, December 20, 2012

Cara Menjalankan Program PHP Secara Server-Based

Halo Visiters!!!

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana menjalankan program PHP di web browser.

Bukankah tinggal dibuka saja dengan "Open with.." pada menu klik kanan saja?

Sekedar anda tahu bahwa PHP yang merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor, hanya dapat dijalankan dari sisi server bukan dari sisi client.
Nah, dalam pembuatan HTML kita biasanya mengecek dokumen tersebut secara normal dengan membukanya pada web browser, dan tag-tag pada HTML akan diparsing secara otomatis oleh web browser.

PHP sangat berbeda, karena syntax PHP tidak akan sepenuhnya diparsing oleh web browser, sehingga akan memunculkan program PHP anda pada halaman web browser. Lalu bagaimana mengatasi hal ini????

Ada beberapa cara yang saya ketahui untuk membuka dan menjalankan program PHP secara lancar.

1. Dengan XAMPP
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menjalankan program aplikasi yang bernama XAMPP atau program distribusi service lainnya seperti WAMPP. Anda bisa mendowloadnya ada di XAMPP

Jalankan service APACHE dan MYSQL nya agar anda bisa membuka localhost di browser anda.
Lalu copy paste kan program PHP anda ke folder HTDOCS pada XAMPP di local disk C atau di tempat anda menginstall XAMPP anda.

Setelah itu anda, tinggal mengetikkan "localhost/nama_file" dan program anda akan berjalan layaknya dokumen HTML yang sudah diparsing.

2. Dengan CoreFTP/Filezilla/File-Transfer lainnya
Buka program aplikasi File-Transfer anda sepeti Filezilla atau Core FTP, lalu lakukan login ke web yang anda sudah buat. Upload file PHP yang sudah anda buat ke dalam folder "public_html" dan refresh. Lalu anda buka website atau hostingan anda tadi dengan path yang menuju file tersebut , misalnya "www.kompak.com/file.php".

INGAT!!!
Langkah ini hanya berfungsi bila anda sudah mempunyai suatu websie sendiri atau anda berada pada hostingan web pada jaringan tertentu, sehingga anda dapat mengaksesnya seperti anda mengakses suatu website.

Jangan sungkan dalam bertanya ataupun mengkritik postingan ini. Saling berbagi adalah prioritas bagi saya sehingga memunculkan pengetahuan yang lebih luas.

16 comments:

  1. Saya baru mau belajar program itu, tp saya tdk paham dengan mengcopykan program PHP ke folder HTDOCS pada XAMPP ? itu gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke. Anda sudah install XAMPP kan?
      Nah anda coba masuk ke folder installasi dari XAMPP.
      Jika sudah ketemu, coba anda cari folder bernama htdocs.
      Folder ini pasti ada , dan jika tidak ada mungkin karena installer corrupt atau terkena virus.

      Pindahkan file PHP anda pada folder tersebut. Aktifkan dulu service dari XAMPP untuk mengaktifkan localhost access.
      Setelah itu masuk ke browser, dan masukkan path dari file anda ke addresss bar browser. contoh localhost/text.php

      Delete
  2. Saya mau tanya, kmrin ada saya download file perpustakaan dengan PHP dan database MYSQL, databasenya sdh buat dan ga ada masalah. Status control panel di XAMPP running semua. Folder pada perpustakaanya sdh saya copy ke HTDOCS. Setelah di filenya saya coba browser ga bisa normal semuanya. Yang ada tampilan index.php nya hanya warna background nya saja. Tetapi ketika saya buka ke tempat teman saya dia bisa. Tp dia tidak mnggunakan XAMPP. Emang gmna sih. Ga ngerti aq dmna letak ksalahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin port xampp anda berbeda dengan port yang anda akses dengan menggunakan browsernya. atau address yag anda gunakan dalam mengakses file php ada yang kurang lengkap.

      Satu hal yang perlu ditekankan bahwa file php itu sangat sensitif terhadap bug atau code yang error.
      jika terdapat bug, maka tampilan yang muncul di browser bisa tidak ada, atau tampilannya kacau.

      Delete
  3. gan ane copy aplikasi php dan databasenya ke htdocs dan phpmyadmin,secara koneksi ke atabase nya sudah ok ,tapi pas dijalankanko ke login aplikasinya ko ga bisa ya?padahal user sama password login sudah ok,setiap log in user dia refeshnya ke halaman login/index.php...mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. phpmyadmin tidak perlu user dan pass, asalkan karena dijalankan melalui aplikasi xampp.

      namun bila anda tidak menggunakan xampp dan hanya install phpmyadmin secara terpisah, maka anda perlu setting terlebih dahulu dibagian config.ini (kalo ga config.inc.ini)

      atur user dan pass, serta path setelah anda login.
      pastikan file index.php berada pada path yang benar

      Delete
  4. Bg maaf ane mau nany nih, kan ane dikasi aplikasi dgn phpsama temen, tp dia meng copy kan master nya di drive D yg skrg rusak atau minta diformat, setelah ane recovery lagi terus di copy ke C, history aplikasinya sudah kehapus juga, gimana sih cara ngembalikan untuk bisa menjalankan aplikasi itu lagi bg, ada juga di computer ane easywamp, apa itu easywamp bg? Thanks bg mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sebelumnya, saya juga belum pernah menggunakan easywamp.
      Jika anda ingin menjalankan kembali program php anda, pastikan local service yang menjalankan localhost anda berfungsi dan berjalan, salah satu contoh dengan menggunakan wampp , atau xampp

      Delete
  5. bang, saya ada masalah saat akses folder htdocs dibrowser, seharusnya kan dia berbentuk folder yg kalo diklik akan muncul file2 yg ada didalamnya, yg saya punya berbentuk file bergambar tanda tanya yg apabila diklik muncul tulisan file ini tidak boleh dihapus atau dipindahkan, itu kenapa ya bang ?

    sudah saya install ulang, masih tetap begitu juga, mohon pencerahan bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa e-mail gambar nya ga ? Nanti saya cari solusinya.
      Saat ini yang saya bisa katakan adalah file instalasi anda corrupt, sudah coba versi yang lain?

      Delete
  6. Bang Riszky yth.,
    saya udah install xampp, sudah jalan semua, apache mysql, terus saya coba bikin file php pake notepad isinya :

    terus saya save pake tanda petik 2 seperti ini : "coba.php" di folder c:/xampp/htdocs/latihan
    [rasanya semua langkah ini sudah benar kan?]
    tapi pas dijalanin di browser, dengan cara mengetik : localhost/coba
    koq ga keluar ya? malah keluarnya...

    Object not found!

    The requested URL was not found on this server. If you entered the URL manually please check your spelling and try again.

    If you think this is a server error, please contact the webmaster.
    Error 404
    localhost
    Apache/2.4.10 (Win32) OpenSSL/1.0.1i PHP/5.6.3


    bisa tolong dibantu? terima kasih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry sepertinya php ga tertulis di atas, yang saya buat adalah seperti ini :
      baris 1 :

      Delete
    2. nama file php yang anda buat tidak cocok dengan saat anda mengaksesnya melalui browser. Anda membuat nama file "coba.php", maka cara mengaksesnya berbeda dibandingkan dengan anda membuat nama file coba.php. Mengakses tanda petik di browser memerlukan sedikit konversi, seperti halnya spasi yang harus di konversi menjadi %20 agar bisa diakses oleh browser

      Delete
    3. oke bang, saya coba save ke test.php
      hasilnya tetep aja bang, object not found
      kenapa ya?
      apakah server untuk apachenya ga terinstall di komputer saya?
      tapi kalo saya buka sample php yang ada di xampp misalnya : CD Collection, jalan sempurna dia bang

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Bang nanya nih, saya lagi nyoba belajar android. Gimana cara eksekusi file .sql, terus copy paste file .php ke server dan edit sql username/ password? Step ini berurutan. Terus saat install aplikasinya nanti bakal diminta server locationnya itu gimana ya bang? Mohon pencerahan, terima kasih.

    ReplyDelete