Tuesday, November 13, 2012

Cara Install Adobe Air dan Twitter Pada Ubuntu 12.10

Halo Visiters!

Bagi anda yang gemar update tweet atau "ngetweet" lebih tepatnya, saya yakin anda sedang menggunakan client twitter yang satu ini , "Tweetdeck".

Bukan hal yang baru bagi anda yang sudah memakainya di OS Windows. Namun bagaimana dengan anda yang sedang menggunakan Operating System Linux seperti Ubuntu ???

Saya yakin anda mengalami masalah dalam proses installasi seperti yang baru saja saya alami sebelum membuat postingan ini. Jadi, agar saya tidak lupa bagaimana cara menginstall nya sekaligus saya bisa sharing dengan teman-teman semua. Saya mendapatkan step-step ini dengan browsing diberbagai blog dengan English Language. Semoga postingan ini dapat membantu teman-teman semua.

1. Step pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload Adobe AIR. Untuk apa?? Adobe air berfungsi sebagai updater runtime yang bertugas mengupdate secara berkala dalam waktu yang singkat saat program masih berjalan (runtime).

Adobe AIR tidak akan mudah anda dapatkan , karena pihak Adobe sudah memutuskan pengembangan Adobe AIR untuk Linux. Sehingga Adobe AIR yang bisa anda download adalah versi 2.6.

Download di Adobe Archive , lalu cari versi yang support linux.

2. Hasil download tadi pindahkan ke /home. Klik kanan file nya, lalu pada Tab Permissions, centang pada bagian Execute as program.


Buka terminal linux , dan ketikkan

sudo ./AdobeAIRInstaller.bin

Jika anda mendapatkan error seperti "missing GNOME Keyring atau KDE Wallet", cukup ketikkan pada terminal

Pada system 32-bit
sudo ln -s /usr/lib/i386-linux-gnu/libgnome-keyring.so.0.2.0 /usr/lib/libgnome-keyring.so.0.2.0

Pada system 64-bit
sudo ln -s /usr/lib/x86_64-linux-gnu/libgnome-keyring.so.0.2.0 /usr/lib/libgnome-keyring.so.0.2.0

3. Setelah selesai install Adobe AIR , tinggal menginstall hal yang paling penting yakni Tweetdeck. Saya sarankan anda menggunakan Tweetdeck versi 0_38.2

Anda bisa mendownloadnya di link temuan saya tweetdeck, atau anda dapat mencarinya sendiri lewat google atau search engine lainnya.


Seluruh langkah tadi sudah saya coba dan berhasil, sehingga anda dapat mencobanya tanpa ragu-ragu. Silahkan komentar bila anda kurang paham atau ingin bertanya.


Like my post and Keep visiting my blog :D

3 comments:

  1. Pak, saat mau instal AdobeAIR, setelah menulis sudo ./AdobeAIRInstaller.bin, keluar seperti ini pak

    sudo: ./AdobeAIRInstaller.bin: command not found

    Kira-kira kenapa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah melakukan langkah no.2 ?
      Langkah no.2 paling penting dalam installasi Adobe AIR nya.
      Jika sudah coba sudo apt-get update lalu lakukan sudo ./AdobeAIRInstaller.bin sekali lagi

      Delete
    2. coba cek versi adobe air nya.
      sebelum install , pastiin folder adobe air yang kita download itu ada di /home.
      nah kalo udah, tinggal klik kanan cari tab permission.
      pastiin ga lupa centang execute as program, biar sudo bla2 tadi dikenali sebagai command.

      saya sudah lakukan praktek ulang, dan masih berhasil langkah2 diatas :D

      Delete