Wednesday, June 5, 2013

Cara Mempercepat Proses Booting PC/Notebook

Hai Visiters !

Kembali lagi dengan saya untuk berbagi hal-hal teknis yang bisa dilakukan dengan gampang dan bermanfaat dalam hal komputer dan sejenisnya . . . laptop maksudnya :D

Okay , kali ini saya ingin berbagi mengenai cara mempercepat proses booting komputer anda.
Mungkin di internet sudah ribuan , bahkan ratusan cara untuk melakukan tuning laptop agar booting processnya cepat. Namun, saya kembali mengingatkan anda , Visiters, dengan bahasa dan langkah-langkah yang lebih simple untuk dilakukan.

Let's get to the point.

1. Melakukan tuning di msconfig.exe
Pernah dengan "msconfig.exe" ??? Kalau belum pernah, anda bisa mencari file ini dengan mengetikkan "msconfig" pada bagian search di start menu untuk OS Win7/Win8. Untuk Win XP anda bisa masuk ke menu "Run.." dan ketikkan msconfig.exe

Berikut tampilannya :


Apa yang bisa kita lakukan dengan ini? Pertanyaan bagus.

Kita bisa menentukan startup item yang akan diload pada saat booting, bisa menentukan jumlah core dari processor yang digunakan untuk proses booting, dan macam-macam service yang seharusnya jalan pada saat startup.

Laptop saya menggunakan OS Win8, sehingga tidak diragukan lagi memiliki proses booting yang lebih cepat dibandingkan dengan Win7 dan versi sebelumnya. Namun, kecepatan itu dapat ditingkatkan demi kenyamanan dalam bekerja.
Anda bisa lihat, saya memilih "Selective startup". Gunanya adalah saya menentukan apakah harus menunggu semua driver dari device pada laptop kita di loading dahulu baru masuk ke tampilan startup atau tidak. Selain itu, kita dapat mengatur apakah ingin menjalankan suatu service dan aplikasi tertentu pada saat startup.

Masuk ke Tab Booting :



Nah , pada menu ini anda dapat menentukan jumlah prosesor yang digunakan untuk proses booting. Hal ini tergantung kepada jenis prosesor yang anda miliki. Semakin tinggi jenis prosesor anda, maka semakin banyak core yang dapat digunakan untuk booting. Artinya semakin cepat pula proses booting anda , karena melibatkan banyak core. Selama  hampir 3 tahun menggunakan teknik ini, saya belum pernah menemukan efek samping terhadap komputer saya.

Masuk ke Tab Startup :


Tampilan ini berbasis windows 8 yang startupnya terdapat pada task manager, namun bisa anda temukan pada msconfig pada windows 7. Anda bisa melakukan "disable" kepada program yang anda tidak inginkan untuk diloading saat booting process dimulai.

2. Melakukan Uninstall terhadap program yang tidak penting atau jarang digunakan


Teliti dengan baik program aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan. Aplikasi yang jarang dipakai akan memakan memory RAM komputer anda, sehingga akan menimbulkkan "lagging" pada komputer anda. Pastikan program-program seperti Toolbar tidak terinstall di komputer anda, hanya akan membuang memory saja, walaupun ukurannya hanya sedikit.

3. Membersihkan Registry

Registry merupakan dependency pada windows yang harus ada sebelum anda menginstall suatu aplikasi pada windows. Bila mengalami kegagalan instalasi akan merusak registry tersebut, dan jika dibiarkan akan menghambat performa PC anda. Bersihkan registry anda dari "Broken Registry" dengan menggunakan tools cleaner yang mampu memperbaiki registry anda.

Anda menggunakan aplikasi CCleaner yang sering orang gunakan dalam mengatasi masalah registry.
Download programnya di sini


Jika temen-temen ada ide baru untuk mempercepat proses booting, jangan sungkan untuk berbagi yah :D

No comments:

Post a Comment